Friday 14th December 2018

1.142 TKI Bermasalah Dipulangkan Melalui Entikong pada Semester 1 Tahun 2015

tki

Pontianak — Sepanjang semester 1 tahun 2015 ini, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Pontianak melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) di Entikong mencatat kepulangan TKI bermasalah sebanyak 1.142 orang dengan rincian Deportasi sebanyak 927 orang, Pemulangan KJRI Kuching sebanyak 66 orang dan Pencegahan Aparat sebanyak 149 orang.

Adapun sebab TKI bermasalah ini dipulangkan karena tidak memiliki paspor, tidak memiliki ijin kerja, kabur dari pengguna, tidak memiliki dokumen yang lengkap sesuai aturan dan alasan lainnya.

Sementara itu TKI asal Kalimantan Barat dari data diatas ada sebanyak 486 orang atau sekitar 42% dipulangkan karena deportasi dan pemulangan KJRI Kuching dengan alasan yang sama. Hal ini menunjukkan masih banyaknya masyarakat kita yang mengadu nasib ke luar negeri tanpa menggunakan prosedur yang resmi. Ini perlu menjadi perhatian bersama bagi pihak pemerintah untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya yang akan berangkat ke luar negeri untuk menggunakan jalur yang sesuai aturan.

Saat ini di Crisis Center BP3TKI Pontianak juga sedang menangani kasus – kasus TKI bermasalah dari luar negeri, tercatat kasus yang menimpa TKI resmi sebanyak 18 kasus diantaranya meninggal dunia 1 kasus, kecelakaan kerja sebanyak 6 kasus, TKI depresi  1 kasus, putus hubungan kerja sebanyak 6 kasus dan TKI sakit sebanyak 4 kasus. Dari 18 kasus ini sudah selesai sebanyak 7 kasus dan 11 kasus masih dalam proses. Semua TKI resmi ini nantinya akan mendapat santunan yang besarannya disesuaikan dengan risiko yang menimpa TKI.

Sedangkan untuk TKI non prosedural tercatat sebanyak 17 kasus yang tercatat dan sudah selesai diantaranya overstay 4 kasus, sakit 2 kasus, TKI tidak harmonis dengan pengguna 1 kasus, gaji tidak dibayar 1 kasus dan TKI bermasalah lainnya sebanyak 9 kasus. (zul)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan