Friday 14th December 2018

BMT BUS Berdayakan UMKM

kantor bmt bus

Jakarta, Koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPS) BMT Bina Ummat Sejahtera yang berkantor pusat di Jl. Untung Suropati No. 16 Lasem, Rembang, Jawa Tengah mempunyai 101 kantor cabang di Propinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Kalimantan Barat dengan jumlah Anggota 175.382 orang.

Perkembangan asset sampai Mei 2015 sebesar Rp.662.738.232.940, pembiayaan UMKM Rp 406.193.772.383 dan jumlah simpanan anggota Rp 384.547.548.436 yang melayani sektor perdagangan (46 %), pertanian (27 %), industri (13 %), nelayan (11 %) dan PNS / Jasa / Investasi (6 %).

 

Menurut Ketua Pengurus BMT BUS Drs. H. Ahmad Zuhri, MM, BMT Bina Ummat Sejahtera berdiri, bermula dari sebuah keprihatinan menatap realitas perekonomian masyarakat lapis bawah yang tidak kondusif dalam mengantisipasi perubahan masyarakat global. Tahun 1996 Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia ( ICMI ) Orsat Rembang berusaha menggerakkan organisasi dengan mendirikan sebuah lembaga keuangan alternatif berupa usaha simpan pinjam yang dimotori gerakan Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ).

Perkembangan lembaga ini mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat, maka pada tahun 1998 berubah menjadi Koperasi Serba Usaha ( KSU ), pada tahun 2002 berubah menjadi Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah ( KSPS ) BMT Bina Ummat Sejahtera sampai pada akhirnya pada tahun 2006 berubah menjadi Koperasi Jasa Keuangan Syariah ( KJKS ) dan 26 Maret 2014 berubah lagi menjadi Koperasi Simpan Pinjam Syariah ( KSPS ).

Memberdayakan anggotanya yang sebagian besar UMKM menjadi komitmen utama sesuai motto KSPS BMT Bina Ummat Sejahtera yaitu sebagai “ Wahana Kebangkitan Ekonomi Ummat “ Dari Ummat Untuk Ummat Sejahtera Untuk Semua. Untuk mewujud demokrasi ekonomi yang mempunyai ciri – ciri demokratis, keterbukaan, kekeluargaan, menjadi keniscayaan untuk dilaksanakan, maka Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah (KSPS) BMT Bina Ummat Sejahtera selalu berusaha menangkap sinyal – sinyal gerakan ekonomi masyarakat kecil menjadi gerakan jamaah  mewujudkan cita – cita kesejahteraan  dan mengembangkan potensi ekonomi rakyat (UMKM).

Koperasi Simpan Pinjam Syari’ah Baitul Maal Wat Tamwil Bina Ummat Sejahtera,  yakin bahwa sebagai Lembaga masih jauh dari sempurna, maka dari itu ada keinginan kuat untuk dapat mewujudkan bahwa Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang mantap, demokr tis, otonom, partisipatif dan berwatak sosial. Kerjasama, sinergi, dan pembinaan dari instansi terkait  untuk mendorong agar KSPS BMT BUS dapat menjalankan kegiatan usahanya dan dapat berperan serta dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran anggota sebagai pelaku UMKM. (Editor : Irwan Aidil, Foto : Ist.)

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan