Tuesday 23rd October 2018

BNI dan BII Beri TKI Rekening Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri

TKI

Jakarta – Dua perusahaan perbankan telah menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi pembayaran upah tenaga kerja Indonesia (TKI). Dua perusahaan itu adalah PT BNI (Persero) Tbk. dan PT Bank Internasional Indonesia Tbk.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Nusron Wahid mengatakan kedua bank itu bersedia untuk membuka rekening calon TKI dengan negara tujuan Singapura. Pembuatan rekening dilakukan sebelum TKI berangkat ke negara penempatan.

“Sebelum TKI berangkat sehingga nomer rekening pembayaran gaji dapat dimasukkan ke dalam kontrak dan upah pertama bisa langsung dilakukan secara nontunai dengan jasa dua bank itu,” kata Nusron dalam siaran pers yang diterima, Selasa (22/9/2015).

Dengan penerapan nontunai itu, imbuhnya, maka pungutan liar yang kerap dilakukan oleh agen penyalur maupun perusahaan pelaksana penempatan TKI swasta bisa terhindarkan. Selain itu, transaksi nontunai juga akan meningkatkan remitansi TKI.

Selain itu, upaya ini dilakukan untuk meminimalisasi adanya potongan gaji yang tidak sesuai dengan cost structure.

Kehadiran perbankan nasional untuk ikut memberikan fasilitas bagi TKI akan menghilangkan praktek-praktek ilegal seperti jual beli blanko. (bisnis.com)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan