Friday 14th December 2018

GMNI: Segera Cabut Kebijakan yang Dibuat Mantan Menteri ESDM

GMNI

Jakarta – Ketua Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Chrisman Damanik  mendukung  pemberhentian Menteri ESDM Archandra yang memiliki kewarganegaraan ganda dan sekaligus menyayangkan terjadinya hal ini dalam pemilihan kabinet Menteri.

“Kami mencurigai bahwa bahwa Arcandra merupakan kepanjangan tangan asing dan bertindak untuk merubah kebijakan negara Indonesia untuk menguntungkan negara lain” tutur Chrisman kepada Flazznews.com, di Jakarta, Selasa (16/8).

Menurut Chrisman negara ini mudah sekali diobok-obok oleh campur tangan asing. Keberadaan Arcandra ini sudah sangat mengancam kedaulatan negara Republik Indonesia. Selanjutnya yang perlu kita lihat bersama adalah tentang kebijakan yang dibuat oleh Archandra selama menjadi menteri.

GMNI, lanjut Chrisman,  mendesak agar seluruh kebijakan yang telah dibuat oleh Archandra selama menjabat menjadi Menteri ESDM agar segera dicabut, salah satunya tentang persetujuan memperpanjang eksport konsentrat  kepada PT Freeport Indonesia  hingga 11 Januari 2017.

“Kebijakan yang dibuat Arcandra mencerminkan bahwa dia tidak berpihak kepada kepentingan rakyat. Kebijakan ini telah menciderai  cita-cita Kedaulatan Negara kita telah dilecehkan tentang hadirnya kebijakan menteri berwarga Negara asing ini.

Chrisman menegaskan, peristiwa ini sangat merusak cita-cita bangsa dalam mewujudkan TRISAKTI Bung Karno yakni Berdaulat di bidang Politik,  Berdikari dalam bidang Ekonomi dan Berkepribadian di bidang Budaya.

Dalam kebijakan itu, Freeport memperoleh kuota ekspor konsentrat sebanyak 1,4 juta ton. Perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu juga masih dikenakan bea keluar 5 persen dari nilai volume konsentrat yang diekspor.

“GMNI menilai, sudah sepatutnya seluruh kebijakan-kebijakan Archandra selama menjabat agar segera dicabut,” tegas  Chrisman. ()Zulfikri

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan