Tuesday 23rd October 2018

Kemenangan Indonesia di Miss International 2016, Putri Wardani: Perhatian Dunia Membesar

felicia-hwang

Jakarta – Setelah Ariska Putri Pertiwi merebut predikat juara dalam Miss Grand International 2016 dan Best National Costume di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Selanjutnya, pada Miss International 2016 yang digelar di Tokyo, Jepang, putri Indonesia lainnya yaitu Felicia Hwang (Felice) berhasil mendulang predikat 2nd Runner Up Miss International 2016 dan Miss Best Dresser di ajang tersebut.

Dalam rilis yang diterima redaksi, Felice pun menjalani serangkaian latihan khusus untuk dapat menggunakan kostum `Dewi Shinta` rancangan desainer terbaik Indonesia, Dynand Fariz. Busana itu terinspirasi dari nilai-nilai budaya di tanah air hingga sengaja ditampilkan untuk Felice.

Sementara itu, dalam kapasitas Putri Indonesia Lingkungan 2016, Felice telah membawa pulang 2nd Runner Up Miss International 2016 dan Miss Best Dresser. Felice harus bersaing dengan 69 kontestan lain yang diselenggarakan di Tokyo Dome City Hall, Kouraku Bunkyo-ku, Jepang, Tokyo pada Rabu (27/10).

Dara berusia 24 tahun asal Bandar Lampung serta menamatkan sarjana akuntansi dan keuangan dari Bradford University, Singapura ini berada dalam karantina kontes kecantikan dari 9 Oktober 2016, dan berakhir pada malam grand final 27 Oktober 2016.

Felice juga melakukan banyak persiapan menghadapi kegiatan ini. Salah satunya belajar merias wajah dan rambut sendiri.

“Sejak awal terpilih menjadi Puteri Indonesia Lingkungan 2016, saya sudah melatih untuk melakukan persiapan yaitu melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Sari Royal Heritage Spa, belajar merias wajah dan rambut sendiri yang langsung diajarkan oleh Tim Make Up Artist dari Moor’s Professional Make Up,” ungkapnya.

Sebelum bertandang ke Tokyo, Felicia mendapatkan banyak pembekalan seperti kelas Table Manner dari LPPMS (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo), pembekalan tentang current issue, termasuk filosofi dan filsafat oleh Ketua Umum YPI, Wardiman Djojonegoro.

Felice bersyukur dengan raihan kemenangan ini. Ia tak lupa mengucapkan terimakasih kepada kedua orangtua yang selalu mendoakan, dan meliputi warga Indonesia di Lampung yang telah memberikan dukungan pada dirinya.

Lebih lagi, katanya, Ketua Dewan Pembina YPI yang memberikan dukungan penuh sejak awal persiapan sampai terpilih sebagai 2nd Runner Up Miss International 2016.

“Tidak banyak perempuan Indonesia yang bisa mendapatkan kesempatan ke kancah Internasional. Saya merasa bangga menjadi salah satu perempuan yang bisa membawa nama Indonesia ke forum kecantikan dunia,” ujar Felice.

Semua pencapaian yang membanggakan ini tentu saja tak lepas dari dukungan penuh PT Mustika Ratu Tbk dan Yayasan Puteri Indonesia (YPI), yang sangat peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia dalam mengharumkan nama bangsa, melalui kepesertaan di kontes kecantikan internasional.

“Saya bahagia dan bangga karena anak didik Yayasan Puteri Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia,” tutur Presdir Mustika Ratu Tbk yang juga Ketua Dewan Pembina YPI, Putri Kuswisnu Wardani di Jakarta, Jumat (28/10).

Dukungan atas keberhasilan Felice diperoleh pula dari berbagai pihak, yakni Desainer Evening Gown Anaz Khairunnas, pihak Taman Sari Royal Heritage Spa, Moor’s Professional Make Up by Mustika Ratu, ILP, Emas Putih PLG, Manjusha Nusantara, Tertia, Intan Avantie, Alleira, Wanda_Dekafeshoes, Celebrity Fitness, Miracle, Escalade Dental, dan Nico-Nico Mare.

“Ini menunjukkan Indonesia mempunyai kemampuan besar membangun industri fesyen, industri kreatif, dan industri berbasis budaya yang memiliki competitive edge atau tingkat daya saing tinggi di dunia. Kemenangan yang kami raih telah membuktikan hal itu,” tambah Putri K Wardani, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya itu.

Di sisi lain, Putri K Wardani mengaku, prestasi yang dicapai Felice merupakan pencapaian terbesar kedua setelah Ariska Putri Pertiwi di ajang Miss Grand International 2016.

“Kami ingin memperkenalkan dan mengangkat budaya Indonesia yang kaya ke kancah internasional. Ini adalah salah satu tujuan utama YPI. Lewat penghargaan prestisius ini maka atensi terhadap Indonesia dari ajang yang diliput lebih oleh 100 televisi dan media cetak dunia pun kian membesar,” tukasnya.

Menurut Putri, bukan hanya berdasarkan kecantikan Felice secara personal, tapi keindahan baju dan kekayaan budaya dari kostum nasional yang dikenakannya pun membuat banyak kalangan terpesona.

“Dengan sendirinya, itu menaikkan perhatian dunia kepada Indonesia,” katanya.

Putri menyebutkan, Felice dan para finalis di Miss International 2016 mewakili sosok beauty public figure dari negara masing-masing.

“Kecantikan riasan wajah Felice menjadi etalase produk Mustika Ratu selama masa karantina 3 minggu lamanya. Tidak berhenti di situ. Felice juga membawakan cendera mata produk Mustika Ratu bagi teman sesama kandidat dari berbagai negara,” terangnya.

Karena itulah, secara tidak langsung ajang Miss International membuka kesempatan pada industri berbasis budaya seperti Mustika Ratu, guna memamerkan produk kosmetiknya.

Untuk membekali para kandidat, YPI bersama Mustika Ratu memberikan fasilitas pembinaan di berbagai bidang selama hampir satu tahun. Mulai pembekalan pengetahuan umum, topik popular, pengetahuan dasar mengenai Indonesia dan budayanya, hingga tata cara pergaulan international.

Kandidat diajari pula public speaking, olah tubuh demi menjaga kebugaran, sampai keahlian merias wajah dan rambut sendiri dengan menyesuaikan bentuk serta profil wajah.

“Tentu saja menggunakan kosmetik tradisional Indonesia dari Mustika Ratu,” tandas Putri, Sekretaris Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) ini. (zul)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan