Tuesday 23rd October 2018

Menperin Undang IKM Manfaatkan Hasil Riset Pangan Gratis

Saleh

Jakarta – Para pakar makanan olahan institusi di bawah Kementerian Perindustrian mengembangkan produk makanan olahan berbahan bengkoang.

Dari tanaman ini, sudah berhasil dikembangkan produk jadi berupa es krim bengkoang, donat, waffle, hingga bolu kukus.

“Tekstur waffle dari bengkoang terasa padat tapi tetap lembut. Kita yang awam pun bakal tahu ini bukan dari tepung seperti kue-kue kebanyakan. Artinya, kue dari bengkoang punya daya jual yaitu rasa yang khas,” kata Saleh saat kunjungan kerja ke Padang melalui siaran pers di Jakarta, Selasa.

Fasilitas riset yang berada tak jauh komplek pabrik Semen Padang di kawasan Ulu Gadut itu juga berhasil memperpanjang keawetan kue-kue basah dari bengkoang.

Penggunaan bengkoang oleh para peneliti Baristand berangkat dari melimpahnya produk hortikultura ini di Sumatera Barat.

Sehingga jika dikembangkan lebih lanjut maka pasokan bahan baku terjamin.

“Kue-kue ini juga dapat menambah jenis produk makanan khas Sumbar bagi para pemburu kuliner. Dengan kemasan yang menarik, ini bakal menjadi oleh-oleh favorit. Nah, ayo para pengusaha IKM gunakan hasil riset ini, gratis,” ujar Saleh.

Kepala Baristand Padang Prima Yudha Hayati mengungkapkan layanan yang diberikan lembaganya antara lain rekayasa produk, pengujian, kalibrasi, standardisasi, dan litbang “Kami siap melayani pelaku usaha berbagai skala bisnis termasuk IKM. Silakan datang karena itu justru menyemangati kami,” ujarnya.

Pengguna jasa Baristand Industri Padang beragam dari instansi pemerintah, BUMN, hingga perusahaan swasta. Antara lain, Semen Padang, Pertamina, Indah Kiat Pulp & Paper, RAPP Riau, Indofood, Garudafood dan rumah sakit-rumah sakit.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan