Friday 14th December 2018

P4TKI Entikong & KJRI Kuching Fasilitasi Kepulangan TKI Sakit dari Hospital Miri, Malaysia

Jpeg

Entikong – Sudah jatuh tertimpa tangga. Seperti itulah nasib yang dialami Saharudin (39), Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengalami kecelakaan di perkebunan kelapa sawit di Miri, Sarawak, Malaysia. Tulang belakangnya patah namun dia tak mendapat asuransi kesehatan karena menjadi TKI non prosedural.

Menurut Koordinator P4TKI Entikong, Andi Kusuma Irfandi, Saharudin tidak terdaftar sebagai TKI yang prosedural di data pemerintah. Ia bekerja secara Non Prosedural di Malaysia hingga segala biaya yang timbul akibat kecelakaan kerja ini tidak dapat tercover asuransi TKI.

“Hal tersebut sangat disayangkan. Padahal kami sudah mensosialisasikan keharusan menjadi TKI prosedural sebab akan terlindungi, baik karena memiliki asuransi atau bentuk perlindungan lain. Tambahan lagi pengiriman uang juga aman dan terjamin karena menggunakan e-banking,” tambah Andi.

Konsulat Jenderal RI Kuching menyebutkan Saharudin sempat dirawat di Rumah Sakit Miri selama satu minggu. KJRI juga berkoordinasi dengan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Pontianak dan Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Entikong mengenai teknis kepulangan dan perawatan lanjutan TKI asal Lombok itu.

Kepala BP3TKI Pontianak, Kombes Pol. Aminudin, SH kemudian memerintahkan Koordinator dan Petugas P4TKI Entikong untuk memfasilitasi pemulangan TKI asal Lombok tersebut ke Indonesia dan dirujuk untuk dirawat ke RS. Dr. Soedarso melalui PPLB Entikong.

Serah terima dilakukan di perbatasan Entikong-Tebedu pada Minggu (6/8) pukul 16.00 waktu setempat antara Petugas KJRI Kuching dan Petugas P4TKI Entikong, yang disaksikan para petugas dari Rumah Sakit Miri, Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan, Kastam Diraja Malaysia dan Puskesmas Entikong.

Bila BP3TKI Pontianak membiayai kepulangan Saharudin, biaya perawatan diikoordinasikan dengan keluarga korban, Dinas Sosial Kalimantan Barat dan manajemen Rumah Sakit Dr. Soedarso. (zul)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan