Tuesday 23rd October 2018

Wow, Kementerian UKM dan Koperasi Kembali Gulirkan KUR 30 Trilyun

KEMENTERIAN-KOPERASI

Bandung – Staf Ahli Menteri Bidang Pemanfaatan Teknologi Kementerian UKM & Koperasi, Yuana Setyowati di sela-sela pembukaan “Cooperative Fair” di Bandung, Rabu (3/6) mengatakan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM kembali menggulirkan kredit usaha rakyat sejak akhir Mei lalu. Anggaran yang disiapkan untuk kepentingan tersebut mencapai Rp 30 triliun dengan sasaran pelaku usaha yang lebih fokus.

“Pengguliran KUR itu dilakukan setelah kami melakukan evaluasi selama 5 bulan. Program tersebut juga lebih ditekankan ke pelaku usaha mikro,” tandasnya.

Menurut dia, pemberian KUR ke program usaha mikro tersebut tidak terlepas dari kondisi usaha tersebut yang memang membutuhkan atensi ekstra. Jika tak disentuh, mereka akan masuk kategori miskin.

Dengan target anggaran Rp 30 triliun, kementerian memperoyeksikan dana tersebut dapat diakses sebanyak 20 juta pelaku usaha mikro. Pengajuannya dapat dilakukan tanpa agunan.

Dijelaskan, bank yang akan terlibat dalam pendanaan usaha mikro tersebut mencakup 6 bank pusat dan 13 bank daerah. Diharapkan, hal tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya.

Selain itu, tingkat suku pinjaman KUR pun diturunkan kendati tidak signifikan dibanding sebelumnya. Tingkat suku bunga yang ditetapkan tahun ini mencapai 21 persen atau turun 1 persen dari ketentuan semula 22 persen.

“Kami inginnya tingkat suku bunganya 19 persen. Tapi karena ini menyangkut sumber dana masyarakat, itu tak mudah dilakukan namun kami berkomitmen untuk menurunkan suku bunganya,” katanya.

Dalam kaitan itu, pihaknya meminta Pemda melakukan pengawalan demi suksesnya program tersebut. Salah satunya, mereka dapat melakukan pendampingan sehingga usaha mikro itu dapat terus berkembang. (Zul)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan